Korean Ambassador Cup - Taekwondo Poomsae Festival 2020 Siap Digelar

16 Okt 2020
18 times

Korean Cultural Center Indonesia (KCCI) bekerjasama dengan Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI) akan menggelar Kejuaraan Korean Korean Ambassador Cup - Taekwondo Poomsae Festival 2020 pada tanggal 24 – 25 Oktober 2020 mendatang.

Menurut Ketua pelaksana kejuaraan, Maulana Haidir, Korean Ambassador Cup - Taekwondo Poomsae Festival 2020 yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2006 ini diikuti lebih dari 300 atlet dari 75 klub taekwondo yang tersebar diseluruh Indonesia.  Mereka akan bertanding di nomor poomsae Individu, pair dan beregu (putra/putri), freestyle (putra/putri) dan Kyupa (putra/putri), baik dari kategori pemula maupun junior.

“Pertandingan dilaksanakan dalam format daring dan luring. para peserta mengirimkan video penampilan atletnya sesuai dengan kategori dan nomor yang diikuti. Selanjutnya mereka dinilai oleh para wasit nasional Indonesia dari satu tempat. Kebetulan Tempat penilaian dilaksanakan di sekitar wilayah Depok. Saat ini proses penilaian sudah berlangsung hingga nanti puncaknya ditentukan pada tanggal 24 dan 25 Oktober 2020 mendatang” Ujar Maulana.

Ditambahkan Maulana, direncanakan kejuaraan akan dibuka oleh Ketua Umum PBTI, Bapak Letjen TNI (Purn) H. M. Thamrin Marzuki bersama Duta Besar Korea untuk Indonesia, Mr.  Park Tae Sung.  Akan hadir saat pembukaan, Deputi 4 Kemenpora Bapak Dr. Chandra Bhakti, MSi, Ketua KONI Bapak Letjen TNI (Purn) Marciano Norman beserta staf, Kepala KCCI dan Ketua Taekwondo Promotion Fondation.

Lebih lanjut pelatih nasional dan mantan atlet nasional Indonesia ini juga menjelaskan, bahwa untuk kejuaraan kali ini, nomor Kyorugi (tarung) masih belum bisa dipertandingkan karena sampai saat ini pemerintah masih melarang adanya kompetisi atau kejuaraan olahraga di GOR yang mengundang banyak kerumunan, mengingat resiko kontak fisik dan dalam masa wabah covid -19.

“Padahal setiap tahun lebih dari 1500 peserta diberbagai kategori dan nomor mengikuti kejuaraan ini.” Terang maulana

Sementara itu, Ketua Umum PBTI, Letjen TNI (Purn) H.M Thamrin Marzuki menyatakan apresiasinya kepada Dubes Korea, KCCI, TPF (Taekwondo Promotion Foundation) dan berbagai instansi Korea lainnya di Indonesia yang menyelenggarakan kejuaraan Taekwondo Korean Ambassador Cup ini setiap tahunnya, walaupun di tahun 2020 ini, kejuaraan berlangsung di tengah wabah pandemic Covid – 19.

Menurut Ketua Umum PBTI, tetap berlangsungnya kegiatan rutin yang dilaksanakan ini, menunjukkan bahwa wabah covid – 19 yang massif dan berdampak global, tidak menyurutkan semangat peringatan atau perayaan hubungan harmonis persaudaraan pemerintah Korea dan Indonesia.

“Kejuaraan Korean Ambassador Cup 2020 ini merupakan salah satu simbol kerjasama dari sekian banyak bentuk dukungan pemerintah Korea terhadap perkembangan, prestasi dan atmosfir taekwondo Indonesia selama ini.” Ujar Thamrin.

Untuk diketahui, kejuaraan Korean Taekwondo Ambassador Cup 2020 adalah bagian dari bulan perayaan kebudayaan Korea atau “K-Festival 2020” yang diselenggarakan oleh Cultural Center Indonesia (KCCI).  “K-Festival 2020” memuat sejumlah kategori kegiatan yakni, K-Content, K-Performance, K-Food, dan K-Event.

K-Content akan diramaikan penyelenggaraan Hangeul Quizz (15 Oktober), Korean Ambassador Cup dan Taekwondo Poomsae Festival (24-25 Oktober), perhelatan Musim Friendly Korea Online Festival (16-31 Oktober). Khusus untuk Musim Friendly Korea Online Festival (MFKF), pihak Korea Tourism Organization (KTO) Jakarta akan menghadirkan jalan-jalan virtual ke beberapa festival di Korea yang ramah muslim serta hunting restoran ramah muslim hingga cerita fotografer ternama mengenai pengalamannya mengabadikan momen di Korea Selatan. Juga tips memotret ketika berada di Negeri Ginseng. Ada juga gelaran Korea-Indonesia Film Festival (KIFF) yang bekerja sama dengan CGV Indonesia dijadwalkan berlangsung dalam platform OTT (over the top) dan luring pada 28-31 Oktober 2020 dan K-pop Concert pada 23 November 2020. Sejumlah idola K-pop dijadwalkan siap menghibur penggemar mereka di Indonesia secara gratis. Nantinya penggemar juga berkesempatan berbincang langsung dengan idolanya dalam sesi fan meeting. Selain itu, akan ada juga pameran lukisan dengan gaya lukisan rakyat (Minhwa) yang digelar daring, menampilkan 100 lukisan berbagai kreasi.

Pada kategori K-Performance, ada Hallyu Com-on (4-30 Oktober) dan dua kompetisi bertema K-pop yakni Cover Dance Festival (11 Oktober) dan K-pop Sing dan Dance (23-24 Oktober).

Kemudian, K-Food yang terbagi menjadi Special Sales Week dan Mini K-pop Concert & Cooking Show rencananya mulai berlangsung pada 5 Oktober-11 November dan 17-18 Oktober 2020. Sementara itu, K-Event sudah dimulai sejak 2 Oktober lalu hingga 30 November 2020.

 

Rate this item
(0 votes)

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

Senayan Trade Centre (STC),
Senayan, Lantai 3 No.173B,
Jalan Asia Afrika. Jakarta Selatan
Telp: 021-29407769

Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Cari

Peta Kantor PBTI