Ketua Umum PBTI Melantik Jajaran Pengurus Provinsi TI Banten

08 Jul 2020
193 times

 

Ketua Umum Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTi) Letjen TNI (Purn) H. M Thamrin Marzuki, melantik jajaran pengurus Provinsi taekwondo Indonesia (Pengprov TI) Banten masa bakti 2019 – 2023 yang diketuai oleh Hj. Airin Rachmi Diany, SH, MH, di hotel Ultima Horison Ratu, Serang, Banten (8/7)

Airin sebelumnya terpilih secara aklamasi di Musyawarah Provinsi (Musprov) TI Banten yang berlangsung di RM. Remaja Kuring BSD, Serpong, Tangerang Selatan, Selasa (31/12/2019). Saat itu, seluruh peserta Musprov TI Banten sepakat bahwa meminta mantan finalis Putri Indonesia 1996 ini untuk menjadi  Ketua Umum Pengprov TI Banten yang baru menggantikan Engkos Kosasih Samanhudi.

Pelantikan Airin beserta seluruh jajaran pengurus Pengprov TI Banten memang  terlambat dilakukan. Hal tersebut dimaklumi karena pasca pemilihan akhir tahun lalu, wabah pandemic Covid – 19 mulai masuk Indonesia hingga saat ini. Saat pelantikan hari ini pun protokol kesehatan tetap berlaku dan menjadi pedoman dalam prosesi acara pelantikan.

Dalam sambutannya Ketua Umum PBTI, Letjen TNI (Purn) H.M Thamrin Marzuki menyampaikan ucapan selamat bertugas dan memimpin Pengurus Propinsi Taekwondo Indonesia Banten kepada  saudara Airin Rachmi Diany, SH, MH, sebagai Ketua Umum Pengprov TI Banten periode 2019– 2023 yang terpilih secara aklamasi oleh seluruh Pengkab/Pengkot yang hadir pada saat Musprov.

“Kepercayaan dan dukungan penuh tersebut harus menjadi landasan bagi seluruh pengurus di jajaran Pengrov TI Banten dalam menata kelola organisasi TI Banten. Kepercayaan dan dukungan penuh itu juga bukan saja telah memenuhi syarat legitimasi formal. Tapi juga menjadi komitmen moral sekaligus momentum strategis bagi seluruh pengurus untuk menjalankan amanah kepercayaan yang diberikan oleh seluruh praktisi TI Banten dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab agar pembinaan dan pengembangan prestasi, baik atlet, wasit dan para pelatih taekwondo Banten semakin lebih baik lagi kedepan.” Tegas Bapak Thamrin  

Selain itu, menurut Ketua Umum PBTI, kepemimpinan saudara Airin beserta seluruh jajaran pengurus, harus mampu menjawab berbagai tantangan dan dinamika dalam upaya meningkatkan pembinaan, pengembangan dan prestasi taekwondo Indonesia di Propinsi Banten. Oleh karena iti dirinya minta agar seluruh program-program Pengprov TI Banten  nantinya harus menjamin sinergitas dan kolaborasi konstruktif  dengan program PBTI. Utamanya terkait dengan program mengenai pembinaan dan pengembangan atlet, pelatih dan para wasit. Apalagi saat ini PBTI sedang menyusun konsepsi panduan akademis dan standarisasi program pengembangan atlet jangka panjang/Long Term Athlete Development Program (LTAD) bekerjasama dengan Kemenpora RI yang Insya Allah tahun depan akan disosialisasikan ke seluruh pengprov TI.

Lebih lanjut Ketua Umum PBTI juga berpesan agar jajaran pengurus propinsi TI Banten senantiasa terus menjalin sinergi, memelihara dan menjaga komunikasi dan koordinasi dengan stakeholders terkait. Antara lain kepada jajaran pemerintah daerah, Dinas olahraga, dan KONI Daerah Propinsi Banten, yang Alhamdulillah sebenarnya hal ini sudah sangat terpelihara baik di propinsi Banten. Apalagi saat ini Ketua Umum TI Banten adalah pejabat pemerintah di wilayah propinsi Banten (Dalam hal ini selaku walikota Tangerang Selatan). Dalam perspektif itulah dan dengan dilandasi oleh budaya komunikasi yang efektif dan konstruktif, serta dibarengi dengan tata kelola organisasi yang professional dan transparan, Dirinya optimis taekwondo Banten akan makin kompetifif bersaing dengan propinsi lain di pentas nasional. Dan akan mampu memberikan kontribusi lahirnya atlet nasional yang mewakili Indonesia di pentas Internasional.

Untuk Seluruh Pengurus Propinsi TI, khususnya  TI Banten, selaku Ketua Umum PBTI dirinya juga berpesan agar tetap menjunjung tinggi ketentuan protokol kesehatan dan aturan pemerintah pusat dan daerah terkait penanganan dan penanggulangan Covid – 19.   Ketua Umum PBTI tidak menginginkan aktvitas taekwondo menjadi cluster baru penyebaran covid 19. Oleh karenanya ketegasan dan kedisiplinan pengurus dalam menjalankan dan melakukan pengawasan terhadap setiap aktivitas kegiatan taekwondo, menjadi sangat penting dan krusial bagi upaya kita menjaga keamanan dan keselamatan mereka.

Namun demikian, walaupun banyak aktivitas kegiatan taekwondo yang terhenti atau tertunda. Namun jangan sampai menghilangkan semangat dan kreativitas pengurus dan pelatih untuk tetap menjalankan program-program pembinaan. Saat ini sudah zamannya era digital dan social media placement. Manfaatkan potensi yang kita miliki untuk adaptif pada perkembangan dan tantangan saat ini.  Sudah banyak tersedia solusi mengenai program latihan online (e – training) dengan pola dan metode yang tidak mengurangi substansi dan kualitas program kepelatihan tersebut.  Sebagai contoh, baru saja kita menyelenggarakan kejuaraan taekwondo berbasis online.  Kejuaraan tersebut bernama “1st Indonesia Taekwondo E – Poomsae Tournament Battle 2020”. Turnamen tersebut  disertifikasi resmi Kemenpora dan diikuti oleh 323 atlet dari 58 tim yang tersebar di 16 provinsi. Alhamdulillah kejuaraan pertama taekwondo berbasis online tingkat nasional ini di support oleh Kemenpora dan sukses penyelenggaraannya.

Sementara itu, pasca dilantik, Airin bertekad akan lebih memajukan kembali cabang olahraga taekwondo di Banten. Ia menyampaikan, dalam setiap kepengurusan harus memiliki visi misi yang sama. Meski pun setiap individu manusianya memiliki kekurangan dan kelebihannya. 

"Jadi kita harus saling melengkapi satu sama lainnya untuk kepengurusan yang lebih solid," ujarnya.

Airin menginginkan lewat taekwondo Banten bisa mengharumkan nama daerah, baik di level nasional, bahkan di level internasional.

"Sehingga kami menginginkan semua pengcab yang ada di Banten untuk sama-sama mencari bibit-bibit atlet untuk mengharumkan nama daerah," tutur dia.

Pelantikan kali ini dihadiri oleh Ketua KONI Banten Rumiah Kartoredjo beserta jajaran,  para pengurus PBTI dan pengurus Kabupaten/Kota serta tamu undangan.

 

Rate this item
(0 votes)

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

Senayan Trade Centre (STC),
Senayan, Lantai 3 No.173B,
Jalan Asia Afrika. Jakarta Selatan
Telp: 021-29407769

Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Cari

Peta Kantor PBTI