Pengprov TI Sumbar Gelar Diklat Pelatih dan Refreshing Wasit Daerah

11 Apr 2018
8 times
Peserta Diklat Pelatih dan Refreshing Wasit Pengprov TI Sumbar Peserta Diklat Pelatih dan Refreshing Wasit Pengprov TI Sumbar

Pengurus Propinsi Taekwondo Indonesia (Pengprov TI) Sumatra Barat menggelar Diklat Pelatih Kyorugi dan Poomsae serta Refreshing Wasit Kyorugi yang berlangsung di New Rasaki Hotel, Padang, Sumatra Barat 6 - 8 April 2018

Diklat kali ini diikuti 57 peserta, terdiri dari 50 pelatih dan tujuh orang wasit.  Adapun tema yang diusung dalam diklat kali ini adalah “Dengan diklat pelatih, kita tingkatkan kualitas SDM pelatih Sumbar Menuju Prestasi Nasional dan Internasional”. 

Menurut Ketua Pengprov TI Sumbar, Drs. Handrianto, pelaksanaan Diklat kali ini merupakan suatu upaya bagi pengrov TI Sumbar untuk meningkatkan kualitas pelatih dan wasit yang ada di Sumatra Barat. Hal ini menurutnya penting mengingat perkembangan metode kepelatihan dan aturan dalam pertandingan taekwondo selalu update. Oleh karenanya, dirinya berharap dengan adanya diklat ini, ada transformasi ilmu pengetahuan yang baik kepada para pelatih dan wasit Sumbar.

Selain itu, menurutnya Diklat pelatih dan wasit kali ini juga terkait dengan harapan Pengprov TI Sumbar agar setiap kejuaraan taekwondo yang dilaksanakan di wilayah Sumbar seminimal mungkin atau bahkan sama sekali tidak adanya protes dari pelatih karena kesalahan kepemimpinan wasit dalam mengambil keputusan. Seperti diketahui Sumbar sendiri sepanjang 2018 ini telah banyak menggelar kejuaraan, seperti Pra Porprov, kejuaraan tahunan di Sijunjung dan Kota Solok, serta Porprov di Padang Pariaman. 

Sementara itu, menurut Ketua Pelaksana Muhammad Abrar, sesuai dengan kebijakan Pengprov TI Sumbar bahwa Diklat ini menjadi prasyarat bagi pelatih yang akan mendampingi atletnya di event kejuaraan di lingkungan Sumbar.

”Diklat dan penyegaran ini menjadi persyaratan bagi setiap pelatih untuk mendampingi atlet di iven tingkat Sumbar ke depannya, ” Ujar Muhammad Abrar.

Adapun narasumber dalam kegiatan diklat ini, Pengprov TI Sumbar mendatangkan pelatih poomsae dari Jawa Barat, Mukhlis Ba Alwi dan pelatih Kyorugi asal Jawa Tengah, Hari Suprianto. Selain itu, Ketua Umum Pengprov TI Sumbar, Drs. Handrianto juga ikut sebagai pemberi materi. Beliau memberikan penyegaran terkait aturan-aturan baru dalam pertandingan dan perwasitan. 

Ditambahkan Abrar, untuk setiap pelatih yang ikut dalam diklat kali ini akan mendapat kartu untuk membuktikan kelayakannya dalam mendampingi atlet saat nanti bertanding di kejuaraan tersebut. ”Jadi nanti setiap pelatih daerah akan ada kartu keanggotaan khusus sebagai tanda pelatih yang berhak mendampingi atlet saat bertanding, sehingga tidak terjadi lagi protes-protes yang tidak penting sepanjang kejuaraan berlangsung, ” ujarnya. 

Sementara itu, salah satu narasumber, Mukhlis Ba Alwi mengatakan bahwa kedatangannya adalah untuk memberikan arahan dan pelatihan terhadap pelatih-pelatih di Sumbar supaya bisa lebih terarah dalam memberikan materi latihan kepada peserta didiknya. “Mudah-mudahan nanti di Porprov atlet-atlet Sumbar bisa bersaing dengan sehat dan lebih kompetitif, ” Ujar Mukhlis yang juga pernah menjadi pelatih poomsae nasional itu.

Dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada Pengprov TI Sumbar beserta seluruh jajaran pengurus yang telah mempercayakan dirinya bersama Sabeum Hari Supriyanto dari Jawa Tengah untuk memberikan pengetahuannya soal kepelatihan. Dirinya berharap semoga materi yang diberikan dapat bermanfaat dan menghasilkan atlet yang bisa bersaing di tingkat nasional atau lebih tinggi.

 

Sumber : Taekwondo Indonesia News

 

Rate this item
(1 Vote)

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

Senayan Trade Centre (STC),
Senayan, Lantai 3 No.173B,
Jalan Asia Afrika. Jakarta Selatan
Telp: 021-29407769

Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Cari

Peta Kantor PBTI