Test Event Asian Games 2018 Cabor Taekwondo Resmi Di Buka

 

Ketua Umum Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI) Letjen TNI (Purn) Marciano Norman didampingi oleh Presiden Asian Taekwondo Union (ATU) Mr. Kyu Seok Lee membuka secara resmi Invitation Tournament Taekwondo Asian Games 2018 atau test event untuk Asian Games 2018 yang berlangsung di Hall B3 JI EXPO Kemayoran, Jakarta, 10/2.

Dalam sambutannya, Ketua Umum PBTI Marciano Norman mengatakan dirinya menyambut hangat hadirnya para peserta yang terdiri dari delapan negara, yaitu Korea Selatan, Hongkong, Laos, Filipina, India, Mongolia, Malaysia dan tuan rumah Indonesia. Dirinya mengucapkan terima kasih atas partisipasi negara-negara tersebut untuk mengikuti test event ini.

Marciano nenjelaskan bahwa kehadiran negara-negara peserta Asian Games 2018  dalam test event untuk cabor taekwondo yang akan berlangsung pada bulan Agustus 2018 nanti tentu sangat penting artinya bagi Indonesia sebagai tuan rumah.  Hal ini menurutnya karena Indonesia perlu mengevaluasi dan memberikan gambaran mengenai standar penyelenggaraan event tersebut sesuai dengan ketentuan INASGOC yang telah ditentukan oleh Komite Olimpiade Asia (OCA).

Marciano berharap, penyelenggaraan pertandingan dalam test event ini sesuai dengan stardarisasi itu. Yang antara lain terlihat dari insrastruktur, system dan dan aturan pertandingan, sarana dan prasarana, pelayanan serta kualitas sumber daya manusia yang terlibat dalam penyelengaran pertandingan tersebut.

Dalam sambutannya, Ketua Umum PBTI juga mengucapkan terima kasih kepada Asian Taekwondo Union (ATU) dan seluruh jajaran perangkat pertandingan yang mendukung penuh dan terlibat dalam test event ini.

Sementara itu, President of Asian Taekwondo Union Mr. Kyu Seok Lee mengatakan bahwa dirinya merasa senang dan akan mendukung penuh suksesnya Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018 Agustus – September 2018 mendatang. Oleh karenanya Ia menegaskan perlunya semangat dan motivasi bagi seluruh rakyat Indonesia dan khususnya bagi para pencinta taekwondo di Indonesia untuk menyambut suksesnya pesta terbesar di Asia tersebut.

Dalam kesempatan lain, Presiden ATU juga berkesempatan memberikan arahan singkat kepada para wasit yang bertugas dalam test event ini. Ia memberikan selamat atas kepercayaan para wasit yang bertugas dan berpesan agar para wasit bertugas secara maksimal dan profesional, sehingga memberikan penilaian positif bagi INASGOC dan tentunya komite Olimpiade Asia (OCA) atas keseriusan Invitation Tournament ini. Sebab ini akan menjadi tolok ukur penyelengaraan sesungguhnya Asian Games 2018  nanti.

“Atas nama komite taekwondo Asia, saya mengucapkan selamat bertugas dan menjalankan tanggung jawab perwasitan semaksimal mungkin dan profesional. Karena tanggung jawab wasit dalam event ini sangat menentukan kualitas pertandingan yang akan dinilai positif oleh masyarakat Asia” tegas Mr. Kyu Seok Lee.

Seperti diketahui, pelaksanaan Asian Games di Jakarta-Palembang 2018 yang akan berlangsung pada  Agustus – September mendatang mendapat perhatian khusus dari Komite Olimpiade Internasional (IOC). Menurut IOC, Asian Games 2018 sangat bergensi karena dalam Asian Games 2018 kali pertama inilah mempertandingkan cabor Olympic yang mengacu kepada nomor-nomor atau kelas-kelas yang dipertandingkan di olimpiade Tokyo 2020.

Untuk Cabor taekwondo sendiri mempertandingkan 14 kelas, 10 kelas kyorugi (tarung) dan 4 kelas poomsae (jurus). Di Asian Games 2018 ini, PBTI di bebankan target meraih 1 emas yang diharapkan dapat di rebut di nomor Kyorugi. Walaupun Taekwondo Indonesia juga sangat berpeluang meraih medali di nomor poomsae.

Dalam pembukaan test event ini juga dimeriahkan oleh team Demonstrasi taekwondo N - Lion dari Pesantren Nurul Iman. Dalam aksinya, selain memperagakan jurus-jurus taekwondo yang dikombinasi dengan irama dance, juga dilakukan demonstrasi pemecahan benda keras (Kyupa). 

 

*) Sumber : Taekwondo Indonesia News

 

 

Last modified on Selasa, 13 Februari 2018 02:12
Rate this item
(0 votes)

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

Senayan Trade Centre (STC),
Senayan, Lantai 3 No.173B,
Jalan Asia Afrika. Jakarta Selatan
Telp: 021-29407769

Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Cari

Peta Kantor PBTI