INASGOC - Cabor Taekwondo Siap Gelar Test Event Asian Games 2018

Panpel Test Event Asian Games - Cabor Taekwondo Panpel Test Event Asian Games - Cabor Taekwondo

Panitia pelaksana Asian Games 2018 atau Inasgoc sudah siap menggelar test event jelang perhelatan olahraga paling akbar di Asia itu. "Invitation Tournament", nama resmi ajang ini rencananya digelar 8-15 Februari 2018.

"Invitation Tournament ini dimaksudkan sebagai persiapan Asian Games 2018," ujar Erick Thohir, ketua Inasgoc, dalam pertemuan dengan pemimpin redaksi media massa nasional di Inasgoc Headquarter, Jakarta, Rabu (31/1/2018).

Erick menambahkan, "Tidak hanya terkait venue, melainkan juga untuk menguji semua sistem yang akan digunakan di ajang sesungguhnya nanti." Erick sendiri tampak puas dengan persiapan panitia menjelang test event ini. "Kami dari Inasgoc telah bekerja siang dan malam untuk mempersiapkan ajang ini," ujar Erick, dalam acara yang juga dihadiri Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga, Gatot S Dewa Broto, itu.

Untuk test event Asian Games akan melibatkan 18 negara yang akan tampil di delapan cabang olahraga. Sebut saja panahan, atletik, taekwondo, pencak silat, tinju, bola voli, dan angkat berat. Total, akan ada sekitar seribu atlet berpartisipasi di ajang test event ini Panitia sendiri akan menyiapkan sekitar 500 wasit dan 1.500 sukarelawan. Maka itu, tak hanya venue-venue pertandingan yang disiapkan. Wisma atlet juga menjadi concern dari panitia. Wisma atlet sendiri berada di Kemayoran, Jakarta. "Akan ada dua tower. Satu tower untuk panitia, satu lagi untuk atlet dan ofisial," ujar Erick lagi.

Untuk Cabor Taekwondo, test event Asian Games diramaikan delapan negara yang akan digelar pada tangal 10 – 11 Februari 2018 di Hall B JI EXPO Kemayiran, Jakarta. Terkait kesiapan penyelenggaraan tes event tersebut, Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI) akan menguji detail seluruh skema dan tata operasional pertandingan, yang diharapkan nantinya sesuai dengan gelaran sesungguhnya pada saat Asian Games, Agustus mendatang.. 

Menurut Manajer Pertandingan cabor taekwondo test event Asian Games 2019, Yefi Triaji, mengatakan dari 13 negara yang ditargetkan tercatat hanya delapan negara yang dipastikan akan ikut serta, dengan total 100 atlet dan official. Negara-negara itu yakni India, Laos, Mongolia, Malaysia, Filipina, Korea, Hong Kong, dan Indonesia.  "Dari jumlah itu, tidak akan ada tambahan peserta lagi.

Sementara itu, dari sisi persiapan venue, Yefi menuturkan kesiapannya sudah mencapai 60 persen, saat ini tinggal tahap konstruksi saja.

"Ya, kami terus monitor diharapkan tanggal 7 Februari sudah beres. Sekarang tinggal tahap kontruksi saja. Panggung dan lainnya sudah terpasang," katanya.

Test event Asian Games kali ini begitu krusial karena akan menjadi simulasi sebelum Asian Games 2018 bergulir. Untuk itu, ia berharap pada saat test event nanti segala koordinasi bisa berjalan.

"Bisa dibilang di test event ini bisa mengetes sejauh mana koordinasi dari INASGOC ke cabor, terutama bidang transportasi, kesiapan penjemputan kontingen, dan negara-negara undangan, serta akomodasi. Kami juga akan mengukur sejauh mana kemampuan dari Sumber Daya Manusia (SDM)," dia menjelaskan.

Dari sisi prestasi, PB TI berharap agar negara-negara peserta mengirimkan atlet-atlet nomor satunya.

"Karena kita juga tuan rumah jadi sekalian uji coba. Tentu kami berharap peak perfomancenya pada saat Asian Games karena ini tahapan persiapan menuju Asian Games," katanya.

 

Last modified on Sabtu, 10 Februari 2018 04:08
Rate this item
(0 votes)

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

Senayan Trade Centre (STC),
Senayan, Lantai 3 No.173B,
Jalan Asia Afrika. Jakarta Selatan
Telp: 021-29407769

Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Cari

Peta Kantor PBTI