Atlet Taekwondo se-Jabar Bakal Perebutkan Tiket Porda Jabar XIII

11 Okt 2017
11 times
Atlet Taekwondo se-Jabar Bakal Perebutkan Tiket Porda Jabar XIII Atlet Taekwondo se-Jabar Bakal Perebutkan Tiket Porda Jabar XIII

‎Pekan depan, mulai tanggal 13-15 Oktober 2017, atlet taekwondo dari seluruh kota/kabupaten di Jawa Barat akan berebut tiket untuk bisa tampil di ajang Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jabar XIII tahun 2018 melalui babak kualifikasi. Pelaksanaan babak kualifikasi Porda Jabar XIII sendiri akan digelar di GOR Bima, Kota Cirebon.

Sekretaris Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Taekwondo Indonesia (TI) Jabar, Divie menuturkan, babak kualifikasi merupakan tahap yang harus dilewati atlet untuk bisa tampil di multieven olahraga tertinggi di Jabar. Pihaknya memperkirakan sekitar 450 atlet akan berkompetisi berebut tiket menuju Porda Jabar XIII di tahun 2018 tersebut.

“Pelaksanaan babak kualifikasi ini sebagai saringan awal bagi atlet taekwondo tebaik di Jabar untuk bisa tampil di ajang Porda Jabar XIII di Kabupaten Bogor. Ini jadi tes awal bagi pola pembinaan yang dilakukan setiap kota dan kabupaten,” ujar Divie saat ditemui di komplek olahraga Pajajaran, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Minggu (8/10/2017).

Divie menuturkan, pada babak kualifikasi ini akan disaring atlet taekwondo di 21 nomor yang dipertandingan pada Porda Jabar XIII pada bulan Oktber 2018 mendatang di Kabupaten Bogor. Yakni 16 nomor di kategori kyorugi (tanding) dan 5 nomor di kategori poomsae (jurus).

“Atlet yang bisa tampil di Porda Jabar XIII nanti yakni yang menempati posisi delapan besar saat babak kualifikasi di setiap nomor. Jadi kita akan ambil sebanyak 168 atlet dari babak kualifikasi ditambah atlet tuan rumah dan wildcard untuk enam atlet penghuni timnas,” terangnya.

Pada pelaksanaan Porda Jabar XIII sendiri, lanjut Divie, pihaknya menetapkan batasan maksimal usia atlet yakni 24 tahun. Penetapan batasan usia ini pun sudah dilakukan Pengprov TI Jabar pada setiap pelaksanaan Porda Jabar.

“Dan kita sudah melihat hasilnya dari pembatasan usia di Porda Jabar ini saat pelaksanaan PON XIX kemarin. Banyak atlet-atlet muda kita berhasil ‎meraih medali emas saat PON XIX lalu, dan di Porda Jabar XIII ini pun kita harapkan muncul lagi atlet muda potensial seperti atlet-atlet eks PPLP yang meraih medali emas di PON XIX kemarin,” tuturnya.

Terkait pemilihan lokasi pelaksanaan babak kualifikasi di Kota Cirebon, diakui Divie, menjadi salah satu upaya pihaknya memberikan pengalaman pelaksanaan pertandingan setingkat Jabar. Tak hanya itu, pola pembinaan olahraga taekwondo di Kota Cirebon pun dinilainya sedang dalam ‘gairah’ yang tinggi.

“Jadi kita support dan apresiasi dengan menggelar babak kualifikasi ini di Kota Cirebon. Dengan demikian diharapkan manajemen organisasi dan manajemen sebuah pertandingan di semua kota dan kabupaten di Jabar ini bisa ‎merata. Apalagi pada babak kualifikasi dan Porda Jabar XIII ini, kita akan menerapkan aturan-aturan baru dalam sebuah pertandingan. Semoga pelaksanaan babak kualifikasi nanti berjalan lancar dan sukses,” pungkasnya.

Sumber : Fokus Jabar

Rate this item
(0 votes)

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

Senayan Trade Centre (STC),
Senayan, Lantai 3 No.173B,
Jalan Asia Afrika. Jakarta Selatan
Telp: 021-29407769

Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Cari

Peta Kantor PBTI